RMI PCNU BANTUL

PERTAMA KALI RMINU BANTUL MELAKSANAKAN MUSABAQAH QIRA'ATUL KUTUB PEGON (MQKP) DALAM MENJAGA TRADISI BUDAYA PESANTREN

02 March 2024

Unduh gambar :

Bantul, 7 Oktober 2023 – Ratusan santri terbaik dari berbagai pesantren di Bantul ikuti ajang lomba MQKP perdana se-Bantul yang diselenggarakan di Pondok Pesantren An Nur.


MQKP (Musabaqoh Qiroatul Kutub Pegon) adalah Acara lomba membaca kitab klasik berbahasa Arab dengan tema atau bab yang telah ditentukan oleh panitia dengan diterjemahkan dalam bahasa Jawa.


Acara MQKP ini diselenggarakan oleh RMI (Rabithah Ma’ahid Islamiyah) kabupaten Bantul, PCNU Bantul dan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Bantul. Acara ini juga sebagai Kick Off Hari Santri Nasional PCNU Bantul tahun 2023. Turut serta hadir Rois Syuriah PCNU Bantul, Ketua Tanfidziyah, DPD RI, Pemda Bantul, para kyai, dan pengasuh-pengasuh pesantren se-Bantul.


Tema lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub Pegon perdana kali ini adalah Menjaga Harmoni dan Tradisi Pesantren. Acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya pesantren memaknai kitab klasik dengan Arab pegon, menggali kemampuan santri dalam membaca, menerjemahkan, dan memahami kitab kuning.


Ada beberapa kategori kitab yang dilombakan seperti Fikih, Akhlak, Nahwu, Tarikh, Hadits, dan Tafsir dengan 3 tingkatan, yakni Ula, Wustho dan Ulya.


Acara Kick Off Hari Santri Nasional dan pembukaan MQKP dimulai pukul 08.30 WIB yang bertempat di halaman IIQ. Acara diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Syubbanul Wathon, pembacaan ayat suci Al Qur’an, lalu sambutan-sambutan, dilanjutkan pemukulan gong sebagai tanda Kick Off Hari Santri Nasional serta lomba resmi dibuka. Acara pembukaan bagian terakhir yakni doa oleh Rois Syuriah kabupaten Bantul K.H. Damanhuri.


MQKP Bantul diadakan di An Nur karena dipandang paling stategis, kemudian dari segi ruangan juga dipandang paling layak untuk diadakannya pembukaan dan MQKP.