Hikmah

TIGA PERKARA YANG MERINGANKAN HISAB

07 February 2022

Unduh gambar :

Nabi bersabda, Ada tiga perkara yang bila itu ada dalam badanmu, Allah akan menjadikan ringan dan mudah hisabmu dan akan dimasukkan Surga.


Ketiga hal itu adalah: Pertama, memberi pada orang yang belum pernah memberi sesuatu. Kedua, memberi maaf pada orang yang menganiayamu. Ketiga, suka menyambung persaudaraan pada orang yang memutus persaudaraan.


Hal tersebut dijelaskan kh. Budi Maryanto (Piyungan) saat menjadi pembicara dalam pengajian rutin alumni Rombongan 3 KBIH Muslimat NU HDWR Tahun 2018 di rumah H.Sapto Ciptanto, Pandeyan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Ahad Pon (6/2/2022).


Lebih lanjut ustad Budi juga menjelaskan tentang mulianya bulan Rajab. Bulan tersebut dimuliakan karena ada peristiwa Isra` Mi`raj yang hanya terjadi sekali dalam sejarah perkembangan manusia. Dalam peristiwa itu turun perintah menjalankan salat lima waktu dan perintah itu langsung disampaikan Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Untuk menghormati bulan Rajab kita harus memuliakan dengan cara: memeperbanyak doa minta keberkahan dan tambah kebaikan, bersedekah dengan harta.


“Sedekah harta bisa berupa makan, sandang, membuat senang orang lain. Dan orang yang mau bersedekah, maka Allah akan menjauhkan dari apai neraka,” tandasnya.


Ketua rombongan, H,Darsono menjelaskan pengajian yang dilakukan secara bergilir tersebut sudah berlangsung untuk keempat kalinya setelah pandemi covid-19 melanda. 

“Untuk tempat pengajian dilangsungkan secara bergilir. Urutan dibuat berdasar regu. Karena waktu haji kita terbagi dalam 4 regu, maka giliran tempat juga dibagi empat,” imbuhnya.

Selaku tuan rumah H. Sapto menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota yang telah menyempatkan hadir. Pertemuan rutin tersebut sekaligus untuk tetap menjaga ukhuwah, mempererat tali silaturahiim, serta merawatan kemabruran ibadah haji yang telah dijalani. (red015)


Kontributor: Sutanto