Berita

MWCNU KASIHAN ZIARAH WALI DI JAWA TIMUR

09 June 2022

Unduh gambar :

MWC NU Kapnewon Kasihan selenggarakan ziarah ke makam walisongo di wilayah Jawa Timur, di antaranya Sunan Bonang Tuban, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Maulana Ibrahim As Samarqan Gresik, Sunan Giri Gresik, Sunan Ampel Surabaya, Syech Kholil Bangkalan, dan Gus Dur Jombang. Kegiatan itu ditempuh selama dua hari lebih, Jumat-Ahad (3-5/6/2022.).


Kegiatan dimulai sejak Jumat sore pukul 16.00 WB itu diikuti peserta sejumlah 105 orang, dengan menggunakan armada dua bis. Bis pertama dari rombongan PRNU ranting Bangunjiwo, bis kedua dari PRNU ranting Ngestiharjo.


Ketua Panitia Ziarah Haru S. Dila, menyampaikan bahwa lokasi tujuan pertama ke makam Sunan Bonang, sampai di Tuban pada pukul 01.00, Sabtu dini hari. Setelahnya dilanjutkan menuju makam Sunan Drajat Lamongan, dan makam waliyulloh lainnya.


“Pada Sabtu petang, rombongan tiba di makam Mbah Kholil Bangkalan, terus menuju makam Sunan Ampel Surabaya, kemudian dilanjutkan tujuan terakhir ke makam Gus Dur Jombang yang tiba pukul 02.30 WIB, Ahad dini hari. Setelah itu rombongan kembali pulang, tiba ke Jogja pada pukul 09.00 WIB, Ahad pagi,” kata Haru.


Selama ziarah, pembacaan tahlil dan doa dipimpin oleh Kiai Alfan Aliyafi, Ketua Tanfidziyah MWC NU Kasihan dan Kiai Harun dari PRNU Ngestiharjo.


Ketua Lazisnu Upzis Kasihan, H. Muhammad Suwarno, yang turut dalam kegiatan ziarah itu, mengungkapkan bahwa kegiatan ziarah walisongo ini yang merupakan agenda ziarah pertama dikomando oleh tim MWC NU Kasihan, dan akan berlanjut pada tahun-tahun kedepan. (red015)


Kontributor: Joko

BERITA LAINNYA