Berita

PAC IPNU IPPNU PIYUNGAN GELAR MAKESTA DI SMK MA'ARIF 1 PIYUNGAN

20 December 2021

Unduh gambar :

Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) merupakan tahap kaderisasi pertama dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), dengan makesta diharapkan mampu menghasilkan kader muda yang militan. Sehingga kiprah NU dilingkungan masyarakat dapat semakin terlihat khususnya dilingkup pelajar.


Hal ini disampaikan ketua PAC IPPNU Kapanewon Piyungan Nurul Fauziyah, pada pelaksanaan Makesta IPNU IPPNU Kapanewon Piyungan, Sabtu, 18/12/2021 di SMK Ma'arif 1 Piyungan Bantul.


Dengan menerapkan prokes covid19, dalam acara makesta kali ini hadir jajaran Syuriah KH. Rohmat Salim, KH. Muthohar, ketua tanfidziyah MWC NU Piyungan KH. Anwar Zuhri, dan Jajaran MWC NU lainya, hadir pula kepala pemerintah desa Srimartani Piyungan H. Mulyana.


Ketua panita pelaksana M. Yahya Baihaqi melaporkan, Makesta diikuti 56 peserta pelajar SMK Ma'arif 1 Piyungan, Kegiatan yang berlangsung selama dua hari Alhamdulillah berjalan dengan hikmad dan lancar."jelasnya.


Lanjut, Dari hari pertama sampai selesai banyak materi-materi yang disampaikan, diantaranya Aswaja dan ke-NU-an, kepemimpinan dan keorganisasian, wawasan kebangsaan, ke-IPNU-an dan Ke-IPPNU-an, pembaiatan, penutupan dan diakhiri dengan RTL (Rencana Tindak Lanjut)."tandasnya.


Dalam kesempatan makesta di SMK Ma'arif 1 Piyungan, ketua tanfidziyah KH. Anwar Zuhri, Menyampaikan "sebagai badan otomon IPNU dan IPPNU target utama dari pelaksanaan Makesta adalah untuk mengenal NU lebih dalam secara organisasi. Hal ini meliputi struktur, lembaga dan badan otonom."ungkapnya.


Untuk menghilangkan kejenuhan panitia mengadakan acara outbound diluar ruangan, dengan permainan-permainan, tampak peserta terlihat gembira. 


Puncak acara dari makesta adalah pembaiatan peserta, dengan tujuan pengambilan sumpah janji sebagai kader yang militan betul-betul mampu mengembangkan syiar dimasyarakat, berjuang dan menjaga harkat, martabat dan marwah sebagai pelajar Nahdlatul ulama dengan ajaran faham ahlussunah wal jama'ah dengan sungguh-sungguh.


Lanjut Nurul Fauziah, acara makesta pada kesempatan ini mengambil tema "resiliensi kader muda NU pasca pandemi dengan asas ahlussunah wal jama'ah" dengan harapan semoga kader-kader muda NU khususnya siswa-siswi SMK Ma'arif 1 bisa kembali bangkit dari keadaan ini, menjadi kader muda yang militan. Sehingga kiprah NU dilingkungan masyarakat dapat semakin terlihat khususnya dilingkup pelajar," pungkasnya. (red015)


Kontributor: Ahmad Yazid

BERITA LAINNYA