Berita

PUNCAK HARLAH KE 4 JMQH BANTUL; SOLID, ISTIQOMAH DAN BERMANFAAT

20 November 2023

Unduh gambar :

Jam'iyyah Mudarasatil Qur'an Lil hafizhat (JMQH) merupakan organisasi perkumpulan para penghafal Alquran yang bertujuan untuk menghimpun hafizhat agar menjaga hafalan Alqurannya dengan baik, sehingga Alquran dapat terjaga dengan sempurna. Sebagai ikhtiar tersebut, JMQH Kab. Bantul menggelar acara rutin setiap 4 bulan sekali secara bergilir di 4 rayon, yakni rayon barat, selatan, timur dan utara sebagai tuan rumah acara silaturahmi dan Semaan Alquran 30 juz. Ahad (19/11) telah terselenggara acara rutin 4 bulanan dengan agenda semaan 30 juz dan pengajian yang bertempat di Balai Desa Sitimulyo, Piyungan, Bantul dihadiri oleh 500 hafizhat se-Kab. Bantul.


Acara dibuka dengan Semaan 30 juz secara berpasangan yang kemudian dilanjutkan dengan tahlil dan doa, dipimpin oleh Ibu Ny. Hj. Luthfiah Baidhowi (Pengasuh PP. Krapyak, Yogyakarta). Ibu Ny. Hj. Ummi Azizah Nawawi yang merupakan Pembina JMQH Kab. Bantul mengapresiasi terselenggaranya acara rutin tersebut dengan bangga. "Semoga JMQH semakin solid, istiqamah, dan manfaatnya semakin dikenal luas oleh masyarakat," tutur pengasuh PP. An-Nur Ngrukem tersebut. 


Acara dilanjutkan dengan menyanyikan Mars JMQH dan Indonesia Raya yang dipimpin oleh paduan suara dari PP. Manzilussakinah, Piyungan. Fatna Susan Sindarus, M.Sc yang merupakan pengurus Kab. Bantul mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama dan sinergitas berbagai pihak dalam mensukseskan acara 4 bulanan di Rayon Timur. "Marilah, kita niatkan untuk memajukan JMQH dan sinergi antar berbagai pihak merupakan modal utama dalam mensukseskan sebuah event," tandasnya.


Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Ny. Hj. Umi Azizah Nawawi selaku pembina JMQH Bantul dengan didampingi Umi Adibah, M.Pd yang merupakan pengurus JMQH Kab. Bantul. "Pemotongan tumpeng merupakan prosesi sakral yang menandai bertambah usianya JMQH Kab. Bantul. Semoga di usia ke-4 JMQH Kab. Bantul dapat terus bermanfaat dan istiqamah dalam mensyiarkan Alquran", cetus Umi Adibah.


Hal yang sama juga diafirmasi oleh Pembina JMQH Kab. Bantul bahwa salah satu indikator suksesnya JMQH Kab. Bantul ialah dapat menggerakkan dan memonitoring JMQH di 17 kapanewon se Kab. Bantul dengan baik. "Salah satu wujudnya ialah silaturahmi setiap 4 bulan sekali dengan agenda Semaan Alquran 30 juz selalu dihadiri oleh ratusan anggota JMQH. Tentu hal ini merupakan prestasi yang luar biasa. Semoga JMQH Kab. Bantul semakin bermanfaat, maju, dan istiqamah dalam mensyiarkan Alquran," pungkasnya. (red015)


Kontributor: Mukaromah

BERITA LAINNYA