Berita

SATU ABAD NU, GMNU SEDAYU GELAR FESTIVAL HADROH

25 October 2022

Unduh gambar :

Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU) dan Lesbumi Kapanewon Sedayu menyelenggarakan Festival Hadroh di Balai Kalurahan Argodadi, Sedayu, Bantul, Ahad (23/10/2022).


Kegiatan festival hadroh ini merupakan kegiatan pertama kali yang dikemas dalam tema “Menyongsong 1 Abad NU. Merajut Kebersamaan dengan Bersholawat”. Kegiatan diikuti 9 grup hadroh, yaitu: 1) Panembahan Cokrowesi, 2) Zinatulhayah, 3) Al Latief, 4) Nurul Aini, 5) Nurul Ummi, 6) RMS, 7) Miftahul Jannah, 8) Nababa Wamena, dan 9) Kidung Demangan.


“Kegiatan ini diselenggarakan untuk memfasilitasi penampilan grup musik hadroh di Kapanewon Sedayu. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi Pengurus GMNU Sedayu dengan masyarakat,” ungkap Ketua Panitia Ibnu Afan.


Dalam pidato sambutan, Lurah Argodadi Prayitno mengatakan bahwa dengan festival hadroh ini bisa menjadi ajang silaturahmi, memperat ukhuwah islamiyah, juga untuk syiar ahlus sunah wal jamaah di Kalurahan Argodadi Kapanewon Sedayu.


Hal senada disampaikan Panewu Sedayu Anton Yuliaton M.IP. Menurutnya, dengan sarana hadroh ini, generasi muda NU dapat mencintai sholawat dan memelihara tradisi seni musik Nahdlatul Ulama dan menumbuh-kembangkan seni budaya di kalangan jamaah nahdlyinin Sedayu.


“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada GMNU yang telah menginisiasi kegiatan festival hadroh. Semoga kita bisa mengambil manfaat kegiatan ini. Dengan semangat Hari Santri, mari kita semua menyongsong 1 Abad NU serta merenungkan apa yang sudah diperjuangkan pendiri NU yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI,” ujar Anton Yuliaton dalam sambutannya sekaligus membuka festival hadroh ini.


Pada kesempatan itu pula, Kasepuhan NU Sedayu Kiai Zubaidi memberikan tausiyah kepada jamaah yang hadir untuk senantiasa memperbanyak sholawat. “Dalam sholawat terkandung mahabbah Rasululah, mudah-mudahan nantinya kita di golongkan orang-orang yang mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW,” tutur beliau.


Acara pembukaan Festival Hadroh yang dihadiri oleh jajaran Pengurus MWC NU Sedayu, Panewu Sedayu, Pengurus Ranting NU sekapanewon Sedayu, Lurah Argodadi, Babinsa Argodadi, Bhabinkamtibmas Argodadi, Muslimat NU Sedayu, Ansor Banser, IPNU dan IPPNU Sedayu tersebut kemudian diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Kiai Muhadi. (red015)


Kontributor: Trap Video

Editor: Markaban Anwar

BERITA LAINNYA