Berita

GMNU SEDAYU SELENGGARAKAN PELANTIKAN BERSAMA 4 BANOM

07 February 2022

Unduh gambar :

Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU) Kapanewon Sedayu menyelenggarakan pelantikan bersama empat Banom NU yakni: Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC GP) Ansor masa khidmat 2021-2023, PAC Fatayat masa khidmat 2021-2025, Pimpinan Anak Cabang IPNU, dan IPPNU Kapanewon Sedayu masa Khidmat 2021-2023, Ahad (06/02/2022) di Pendopo Kalurahan Argosari Kapanewon Sedayu, Bantul, Yogyakarta.


Prosesi pelantikan ini dilakukan dengan pengambilan sumpah janji. PAC GP Ansor Kapanewon Sedayu dipandu oleh Ketua PC GP Ansor Bantul Lilik Budi Hartanto, M.Pd; PAC Fatayat Kapanewon Sedayu oleh Ketua Fatayat PC Bantul Umi Masruroh, S.Pd, untuk PAC IPNU Kapanewon Sedayu oleh ketua PC IPNU Bantul Muhammad Irfan Farizi, S.Ag; dan PAC IPPNU Kapanewon Sedayu oleh Ketua PC IPPNU Bantul Isnaini Rohmah.


Ketua PW GP Ansor Provinsi DI Yogyakarta Nur Wahid dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada GMNU Kapanewon Sedayu PAC GP Ansor, Fatayat, IPNU, dan IPPNU yang dilantik hari ini. 


“Selamat dan apresiasi setinggi tingginya kepada sahabat sahabat yang hari ini dilantik. Kami harapkan para pengurus selalu garda terdepan dalam kegiatan sosial. GMNU Sedayu harus mampu menjalankan kaderisasi, mandiri, memperkuat lembaga NU, dan bermanfaat kepada masyarakat umum dan khususnya bagi warga nadhiyin. GMNU harus menjadi generator perubahan sosial dalam masayarakat,” kata Nur Wahid.


Pelantikan bersama Banom NU Kapanewon Sedayu yang mengusung tema “Peran Generasi Muda NU dalam Membangun Bangsa di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0” tersebut juga dihadiri oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih.


H.Abdul Halim Muslim dalam sambutan menyampaikan selamat kepada GMNU atas pelantikan bersama PAC GP Ansor, PAC Fatayat, PAC IPNU, PAC IPPNU Kapanewon Sedayu. 


“Rumusan dan peran pemuda dalam era revolusi industri 4.0 itu diperlukan dan sangat penting di zaman sekarang ini. Tentunya, Pemerintah Kabupaten Bantul sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh muda-mudi NU Sedayu. Teruslah berkhidmat, teruslah berjuang dalam lingkungan NU di bawah panji-panjinya Nahdlatul Ulama Ahli Sunah wal Jamaah,” kata Halim Muslih.


Panewu Sedayu Drs. Lukas Sumanasa M.Kes turut mengucapkan apresiasi dan selamat menjalankan tugas kepada GP Ansor, Fatayat, IPNU dan IPPNU Sedayu. Salah satu misi Pemerintah Bantul adalah menjadi Kabupaten Layak Anak 2024, untuk mari bersama-sama mensukseskan Kabupaten Bantul Layak Anak. Kita tahu bahwa Sedayu akan menjadi program strategis nasional yang akan dilewati jalan tol dan kawasan industri. Maka sebetulnya generasi muda juga harus turut berperan dalam mengemban misi Bantul ini,” ungkap Lukas Sumanasa.


Sementara itu, Ketua GP Ansor Sedayu Kasyono memberikan keterangan bahwa salah satu tujuan acara pelantikan ini untuk memantapkan anggota Ansor supaya bisa berorganisasi sesuai dengan prosedur pengurus wilayah dan pengurus cabang. 


“Pelantikan sangat penting untuk eksistensi anggota GP Ansor dalam jami’iyah Nahdlatul Ulama, dan menanamkan kebanggaan bersama untuk senantiasa amanah dalam mengemban organisasi ke-Ansoran, ” jelas Kasyono.


Di tempat yang sama, Ketua Fatayat Sedayu Dian Utami S.Sos, mengatakan bahwa GMNU merupakan jaringan organisasi yang terdiri dari 4 banom, Ansor, Fatayat, IPNU, dan IPPNU. Ia berharap dengan pelantikan bersama ini bisa memperkuat tali silaturahim, menjaga kekompakan, menjadi satu kesatuan membangun jati diri demi kebesaran NU. 


‘’Sebagai pemuda atau pemudi GMNU harus bisa menjaga dan meperkuat diri dari pengaruh-pengaruh luar yang memecah eleman bangsa. Untuk itu kita mesti kuatkan silaturohim, menjaga istiqomah dalam menjalankan organisasai untuk membangun NU, utamanya di wilayah kapanewon Sedayu,” ujar Dian Utami.  


Hal senada disampaikan Ketua IPNU Kapanewon Sedayu Ahmad Fauzi, bahwa dengan pelantikan dan sarasehan GMNU ini memberikan manfaat untuk memantapkan rasa cinta terhadap Nahdaltul Ulama.


“Pelantikan bersama ini, para pengurus bisa semakin cinta terhadap IPNU khususnya dan Nahdlatul Ulama umumnya. Dan dengan acara sarasehan yang diikuti, kita sebagai pelajar dalam mengikuti perkembangan era digital 4.0 dan bisa memafaatkan teknologi di medsos,” kata Ahmad Fauzi.  


Sedangkan Ketua IPPNU Kapanewon Sedayu Roihana Isnaini mengutarakan bahwa manfaat mengikuti acara pelantikan dan sarasehan adalah untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang teknologi digital, dan supaya anggota PAC IPNU IPPNU Kapanewon Sedayu memiliki rasa tanggung jawab kepada organisasi untuk berjuang memajukan IPNU IPPNU. 


Keseluruhan kegiatan pelantikan GMNU Sedayu melantik 106 orang pengurus. Adapun tamu undangan yang hadir adalah Bupati Bantul, jajaran Muspika Kapanewon Sedayu, Panewu, Kapolsek, Danramil, dan Kepala KUA, Lurah Argosari, Rois Syuriah MWC NU Sedayu, Ketua Tanfidliyah MWC NU Sedayu, Pengurus Cabang Muhammadiyah Kapanewon Sedayu, Ketua Ranting NU Argosari, Pengurus GP Ansor Daerah Istimewa Yogyakarta, PC GP Ansor Bantul, PC Fatayat Bantul, PC IPNU Bantul, PC IPPNU Bantul, Pengurus PAC GP Ansor Kapanewon Sedayu, PAC Fatayat Kapanewon Sedayu, PAC IPNU Kapanewon Sedayu, PAC IPPNU Kapanewon Sedayu, dan para tokoh masyarakat.


Selama pelaksanaan kegiatan, para anggota Banser ikut terjun mengamankan lingkungan. “Personil Banser yang diturunkan pada acara siang hari ini berjumlah 75 personil. Kami turut mendukung kegiatan NU, sebagai upaya menyolidkan persatuan dan mengabdi pada NU, maju bersama untuk kemajuan NU di wilayah Sedayu khususnya, Bantul pada umumnya. Kami bersama Fatayat, IPNU IPPNU dan GP Ansor bersinergi membangun kemajuan NU di Sedayu ini,” ungkap Hardi, Komandan Banser Sedayu. (red015)


Kontributor: Kasiono

Editor: Markaban Anwar

BERITA LAINNYA