Berita

GUS RUM: KITA HARUS FAHAM DALIL AMALIYAH NU

17 June 2022

Unduh gambar :

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kapanewon Sewon melaksanakan Lailatul Ijtima' NU Sewon, Rabu (15/06/2022). Program rutin ini menghadirkan KH. Rumayizat dari Pondok Pesantren An Nur Ngrukem dan Pengurus MWCNU, Pengurus Ranting NU, Banom serta lembaga di lingkungan Kapanewon Sewon.


Gus Rum mengajak kepada seluruh pengurus NU dimanapun berada dan apapun jabatannya harus faham terhadap dalil-dalil amaliyah NU. 


"Minimal tahu argumentasi amaliyah Ahlussunah Wal Jamaah Annahdliyah, jangan sampai orang lain membid'ah-bid'ahkan dan kita hanya diam saja. Caranya adalah dengan ngaji, mengikuti Lailatul Ijtima seperti saat ini," tegasnya.


Ketua Lembaga Bahtsul Masail PCNU Bantul ini mencontohkan hal sederhana yang setiap hari kita lakukan, yaitu berwudhu. Menurutnya, Jamaah NU harus tahu kenapa niat dan tertib menjadi rukunnya wudhu, padahal di Al Qur'an cuma ada empat.


"Banyak literatur para Imam Madzab yang menuliskan argumentasi ijtihadnya, dan hal seperti ini yang harus kita sampaikan kepada jamaah," tambahnya.


Sementara itu, Katib Syuriah MWCNU Sewon, KH. Hasyim Turmudzi, mengajak jamaah NU untuk menjaga keluarga, anak, tetangga, dan orang disekitar kita agar tidak mudah disusupi faham radikal intoleran.


"Caranya njih sukseskan progam NU Sewon, sibukkan diri khidmat di NU dengan menjalankan program Jamiyah. Monggo KOIN NU terus kembali digiatkan karena manfaatnya bisa kita rasakan dengan kehadiran klinik, ambulance, Numart, dan terakhir Tirtanu," tegas Kiai Hasyim.


Mewakili Takmir Masjid Kodama, Kiai Khumaidi, menghaturkan terimakasih atas kepercayaan MWCNU Sewon memilih Krapyak sebagai lokasi Lailatul Ijtima. (red015)

BERITA LAINNYA