Berita

JELANG PELANTIKAN, PRNU PANGGUNGHARJO SEWON GELAR SAFARI MAULID

30 September 2022

Unduh gambar :

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Panggungharjo Sewon, Memasuki Bulan Rabi'ul Awal 1444 Hijriyah / 2022 Masehi, melaksanakan safari maulid dalam rangka menyambut hari lahir Nabi Muhammad SAW yang digelar di beberapa masjid di wilayah Kalurahan Panggungharjo, seperti Masjid Kamaluddin Krapyak Wetan, Masjid Darussalam Jaranan.

 

Perayaan Maulid Nabi juga dihelat di beberapa rumah warga, seperti yang dikerjakan oleh jamaah bapak dan ibu Sorowajan Padukuhan Glugo, serta jamaah bapak-bapak Padukuhan Sawit. Kegiatan yang dirangkai dengan majelis sholawat diiringi oleh grup hadroh setempat ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada baginda Rasulullah SAW.

 

Dalam kesempatan silaturahim yang dilakukan oleh Junaedi, Ketua Tanfidziyah terpilih masa khidmat 2022-2027 Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Kalurahan Panggungharo, Kamis (29/09/2022),  di Masjid Darussalam Padukuhan Jaranan Panggungharjo Sewon Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Menurutnya antusiasme jamaah menghidupkan suasana bulan maulid sangat meriah. Lantunan sholawat yang dibawakan oleh tim hadroh membawa jamaah hanyut dalam syair-syair indah dan narasi tarih Nabi Muhammad dalam untaian kitab ad-dibaiyah karya Al-Imam Wajihuddin Abdur Rahman bin Muhammad bin Umar bin Ali bin Yusuf bin Ahmad bin Umar ad-Diba’i Asy-syaibani Al-Yamani Az-Zabidi Asy-syafi’i.


Jamaah Diba’iyah Padukuhan Jaranan ini terdiri dari semua kalangan, mulai dari anak-anak, pemuda-pemudi, ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya terlibat langsung ada yang menabuh hadroh, ada yang menjadi vokalis lagu-lagu sholawat Nabi, ada yang membaca narasi tarih dalam bahasa Arab menambah kekompakan dan kesahduan dalam acara maulidur rosul malam  hari itu.


Kunjungan silaturahim yang dilakukan oleh ketua tanfidziyah terpilihtersebut, menurutnya adalah dalam rangka merawat dan membumikan amaliyah an-nahdliyah dan juga dalam rangka konsolidasi internal Pengurus Anak Ranting Nahdlatul Ulama (PARNU) Padukuhan Jaranan. Sebelumnya kegiatan serupa dilakukannya melalui kunjungan silaturahim turba ke jamaah sholawat Jawi Margo Utomo Krapyak Wetan yang pada saat itu dimeriahkan juga dengan pembacaan Maulid Simthudduror oleh tim hadroh Santri Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. (red015)


Kontributor: Junaidi Imfat


BERITA LAINNYA