Berita

JELANG SATU ABAD NU, IPNU IPPNU BAMBANGLIPURO GELAR FESTIVAL ANAK SHOLEH

20 December 2022

Unduh gambar :

Cuaca cukup cerah dengan terik yang menyengat kulit. Udara di sekitar terasa hangat tapi masih menghantarkan kesejukan. Tak jauh berbeda dengan suasana hangat penuh sorak sorai yang terdengar disebalik gerbang tinggi SD Negeri Grogol, salah satu sekolah favorit di Bambanglipuro, Ahad (18/12/2022).


Euforia dan keseruan anak-anak dalam berkompetisi kali ini menjadi salah satu keberhasilan panitia Festival Anak Soleh PAC IPNU-IPPNU Bambanglipuro.


PAC IPNU-IPPNU Bambanglipuro telah menyelenggarakan kegiatan Festival anak Soleh  (FAS) 2022, dengan tema Merajut Generasi Berakhlakul Karimah dan Cinta Al-Quran. Tema ini tidak semata-mata hanya menjadi tajuk formalitas acara FAS, akan tetapi menjadi salah satu misi yang dibawa oleh PAC IPNU-IPPNU Bambanglipuro untuk mewujudkan baktinya pada agama dan ilmu pengetahuan.


FAS sejatinya diselenggarakan dengan tujuan membangkitkan kembali semangat siswa atau santri TPA untuk terus belajar, berkarya, dan mengasah keterampilan mereka melalui beragam perlombaan di bidang pengetahuan dan keagamaan. Terdapat seratus lebih peserta yang turut berpartisipasi dari berbagai TPA seluruh Kapanewon Bambanglipuro.


Berbagai perlombaan dilaksanakan untuk memupuk kompetensi dan jiwa kompetisi anak diantaranya melalui lomba Musabaqah Tartil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Cerdas Cermat Agama (CCA), Adzan, dan lomba mewarnai.


Sebagi bentuk motivasi dan penghargaan bagi para peserta, panitia penyelenggara memberikan beragam fasilitas menarik yaitu goodiebag bertuliskan “Pelajar Mbali” dan logo IPNU-IPPNU sebagai salah satu bentuk branding organisasi, kelengkapan alat tulis, sticker, co-card, sertifikat peserta, dan snack. Untuk memberikan apresiasi para juara lomba, penyelenggara memberikan tropi, piagam penghargaan, dan bingkisan khusus.

Suksesnya acara FAS kali ini tidak luput dari bantuan dan kerja sama berbagai pihak yaitu dari MWC, FATAYAT, ANSOR, MUSLIMAT, Pembina, Alumni, Instansi pendidikan SD N Grogol, donator kami yang dermawan, Pengasuh TPA, Bapak ibu dewan juri, Bapak Ibu orangtua peserta lomba, dan lainnya. Keberhasilan acara ini menjadi simbolisasi dari kolaborasi dan sinergitas semua pihak yang terlibat.


FAS juga menjadi salah satu media yang baik bagi PAC IPNU-IPPNU Bambanglipuro beserta seluruh banom yang ada di sana untuk menunjukkan eksistensi dengan framing yang tepat. Pengenalan organisasi NU di bambanglipuro khususnya PAC IPNU-IPPNU perlu dilakukan bahkan di kalangan masyarakat terutama anak-anak untuk melebarkan sayap lebih jauh dan mengembangkan organisasi secara lebih massif lagi.


FAS kali ini juga menjadi salah satu event untuk menyongsong satu abad NU, menjadi suatu titik balik untuk menunjukkan semangat ber-NU sekaligus memperkuat eksistensi organisasi Nahdlatul Ulama di Kapanewon Bambanglipuro. Sinergitas dan kolaborasi perlu terus dibangun baik antara internal banom NU Bambanglipuro maupun dengan pihak eksternal seperti pemerintah setempat, organisasi lain, satuan pendidikan di Bambanglipuro, dan lainnya dalam rangka menunjukkan inklusivitas NU sebagai suatu organisasi.


Ketua pelaksana FAS 2022, Farhan Arintoko, berharap acara seperti ini akan selalu ada dan dapat dilaksanakan dengan lebih baik lag kedepannya karena acara ini memberikan banyak manfaat baik untuk pantia, peserta, PAC IPNU-IPPNU, dan secara umum bagi banom NU di Bambanglipuro untuk memperkuat branding dan eksistensinya.


"Melalui semangat menyongsong satu Abad NU pula, kami berharap semangat berorganisasi ini akan terjaga dengan baik dan terus bisa menjadi lebih baik lagi," tegas Farhan Arintoko. (red015)


Kontributor: yue

BERITA LAINNYA