Berita

KELUARGA MI SANANU ULA ZIAROH MUASSIS NU

05 January 2022

Unduh gambar :

Mengawali tahun baru 2022, Keluarga Besar Sananul Ula Daraman, Piyungan Bantul, Yogyakarta, lakukan ziarah ke makam para muassis Nahdlatul Ulama di Jombang Jawa Timur, Sabtu (1/1/2022). 


Kegiatan ziarah tersebut tersebut diikuti oleh 25 orang yang meliputi para guru, karyawan, pengasuh, dan asatidz lembaga pendidikan naungan Sananu Ula yakni Pondok Pesantren (PP), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Diniyah (Madin, dan Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ).


Jelang akan berangkat diawali doa bersama agar senantiasa perjalanan baik dan lancar. Berawal dari Pondok Pesantren Sananul Ula Daraman dengan tujuan pertama makam Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wakhid Hasyim dan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Komplek PP. Tebuireng Jombang, Jawa Timur. 


Usai dari Tebuireng, rombongan melanjutkan perjalanan menuju komplek Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang untuk berziarah ke makam KH. Bisri Syansuri. Dari Denanyar kemudian menuju Tambakberas untuk berziarah ke makam “Sang Kader Penggerak NU” sekaligus pencipta Lagu Syubbanul Wathon (Ya Lal Wathon) yaitu KH. Wahab Hasbullah. 


Ketiga ulama yang diziarahi itu, Hadratussyekh KH. M. Hasyim Asy’ari, KH. Abd. Wahab Hasbullah, dan KH. Bisri Syansuri adalah tokoh utama pendiri Jam’iyyah Nahdlatul Ulama pada tahun 1926.


Ketua Panitia Miftahurrohman menyampaikan bahwa tujuan ziarah ini untuk tabarrukan kepada para pendiri Nahdlatul Ulama, sekaligus untuk memupuk kebersamaan dan kekompakan para pengasuh, guru, dan karyawan Keluarga Besar Sananu Ula Daraman Piyungan. 


“Kegiatan ziarah ini untuk memupuk dan meningkatkan kebersamaan serta kekompakan dalam keluarga besar MI Sananul Ula Daraman, sekaligus tabarukan ke para muassis Nahdlatul Ulama”, ungkap Miftahurrohman.


Hal senada disampaikan oleh Kepala Madrasah MI Sananul Ula Ridwan, “Harapan laksanakan kegiatan ini semoga membawa berkah kepada keluarga besar MI Sananul Ula. Memupuk rasa cinta jam’iyyah Nahdlatul Ulama dengan berjuang dan mengabdi melalui MI Sananul Ula untuk meningkatkan mutu dan pelayanan kepada jama’ah.” (red015)


Kontributor: Ahmad Yazid

Editor: Markaban Anwar

BERITA LAINNYA