Berita

KUNJUNGI PP. AL IMDAD, ITJEN KEMENAG RI APRESIASI PENDIRIAN MINIMARKET DI PUSAT KOTA BANTUL

06 July 2022

Unduh gambar :

Tim Inspektorat Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Imdad Bantul DI. Yogyakarta sebagai pesantren penerima program Inkubasi Bisnis Pesantren Kemandirian Pesantren Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI pada Selasa (05/07/2022). Kunjungan ini dipimpin oleh Pengendali Teknis Irjen Kemenag RI Erma Agustini dan ditemui oleh KH. Moh. Habib A. Syakur selaku Pengasuh PP Al-Imdad.


Erma menyampaikan bantuan program sangat bermanfaat bagi lembaga PP Al-Imdad, proses pemanfaatan dan pengelolaan bantuan sudah baik. Bantuan program tersebut dipergunakan untuk pengembangan bisnis pesantren berupa minimarket.


“Kedepan, Direktorat PD Pontren Kemenag RI agar membuat mekanisme pendampingan dari pusat dengan melibatkan pihak Kanwil Kemenag, Kemenag Kab/Kota, serta dibuat mekanisme seleksi calon penerima bantuan yang lebih terbuka dengan menggunakan teknologi informasi yang ada” pesannya.


Pada kesempatan yang sama Pengasuh PP Al-Imdad Moh. Habib A. Syakur mengucapkan terimakasih kepada Direktorat PD Pontren Dirjen Pendis Kemenag RI atas bantuan program Inkubasi Bisnis Pesantren Kemandirian Pesantren yang telah dipercayakan kepada PP Al-Imdad. Bantuan tersebut langsung dimanfaatkan untuk mengembangkan dan membuka Minimarket I-Mart cabang yang pada Maret 2022 diresmikan langsung oleh Direktur PD Pontren Kemenag RI Waryono Abdul Ghofur.


“Pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia sudah semestinya tampil serta menunjukkan peran dan kontribusinya dalam setiap lini. Pesantren mandiri adalah salah satu komitmen PP Al-Imdad sebagai upaya penataan manajemen dan pengembangan produktifitas perekonomian pesantren,” kata Kiai Habib.


Dalam kunjungan ini Pengendali Teknis didampingi Nurul Huda selaku ketua Tim, Muh Taqiyudin serta Khilmatushofa sebagai anggota tim. Sementara Kiai Habib didampingi oleh Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Bantul Ahmad Sidqi dan Direktur BUMP PP Al-Imdad, KH. Ahmad Murod beserta jajarannya.


Bersamaan dengan tinjauan preservasi, Pengendali Teknis dan tim juga mengecek di dua lokasi Minimarket I-Mart PP Al-Imdad yang berlokasikan di Jl. Jendral Sudirman No. 140, Bantul, Bantul dan Jl. Srandakan KM 01, Pandak, Bantul. (red015)


Kontributor: M. Irfan Faziri


BERITA LAINNYA