Berita

LAILATUL IJTIMA MWCNU KASIHAN: MERAWAT TRADISI DAN AMALIYAH

08 March 2024

Unduh gambar :

*Lailatul Ijtima MWC NU Kasihan: Mensyiarkan Sholawat dan Mendakwahkan Ilmu Agama*


Lalilatul Ijtima adalah kegiatan warga nahdliyin yang lumrah dilaksanakan di semua jenjang kepengurusan jamiyah NU. Kegiatan silaturahmi publik yang dilakukan pada malam hari ini umumnya dilakukan setiap selapanan (satu bulan sekali). Lailatul Ijtima' menjadi media untuk mempererat silaturahmi di antara khalayak yang hadir, baik antara pengurus NU, para kiai dan ulama, para umaroh (pejabat pemerintahan), dan para jamaah.


Demikian halnya, Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kapanewon Kasihan, yang kembali menyelenggarakan lailatul ijtima. Kegiatan kali ini digelar di komplek Pondok Pesantren Al Lubab, Lemahbang , Bangunjiwo , Kasihan, Bantul, Ahad (3/3/2024).


Pembawa acara Abdul Jawad menyampaikan bahwa rangkaian acara lalilatul ijtima MWCNU Kasihan ini meliputi 1) pembukaan, 2) pembacaan Maulid Nabi oleh Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kasihan, 3) Mahalul Qiyam & Istighosah oleh KH. Armen Siregar M.HI, 4) pidato sambutan dari panitia, 5) mauidloh khasanah oleh Kiai Muhammad Zahri (Rois Suriah MWC NU Kasihan), dan 6) penutup.


Dalam pidato sambutan, Ketua Panitia Kiai Alfan Aliyafi S.HI mengutarakan rasa syukur bahwa kegiatan lalilatul ijtima MWCNU Kasihan bisa terselenggara lagi.


“Melalui lailatul ijtima kita telah merawat tradisi dan amaliyah NU. Mensyiarkan sholawat dan mendakwahkan ilmu agama lewat mauidloh khasanah dari para kiai,” tuturnya.


Lailatul ijtima merupakan amaliyah spiritual, di dalamnya ada pembacaan sholawat, dzikir tahlil, dan mujahadah. Juga merupakan amaliyah intelektual, dalam lailatul ijtima ada mauidloh hasanah atau pengajian ilmu agama yang disampaikan para ulama atau kiai.


Lailatul ijtima yang digelar MWCNU Kasihan itu dihadiri ratusan jamaah nahdliyin. (red015)


Kontributor: Joko

Editor: Markaban Anwar

BERITA LAINNYA