Berita

LAILATUL IJTIMA MWCNU PUNDONG, PAKET KOMPLIT PERTEMUAN ULAMA, UMARA DAN JAMAAH

06 March 2023

Unduh gambar :

Ada tradisi di kalangan jam'iyah NU yaitu pertemuan bersama pada suatu malam di suatu tempat yang telah ditentukan, kegiatan ini biasa disebut "Lailatul Ijtima". Kegiatan lailatul ijtima' lazim diselenggarakan setiap satu bulan (atau selapanan) sekali, waktunya setelah sholat Isya, biasa dilakukan masjid atau di mushola.


"Lailatul ijtima’ ini adalah malam pertemuan para ulama dan kiai, serta para jamaah dalam rangka menghidupkan sunnah Rasulullah SAW, untuk saling bertukar ilmu dan menambah wawasan keagamaan," ungkap H. Mustafied Amna dalam kegiatan Lailatul Ijtima MWC NU Pundong di Masjid Al Furqon, Dusun Candi, Srihardono, Pundong, Bantul, Sabtu (malam Ahad Kliwon), 4/3/2023, malam.


Ketua Tanfidziyah MWC NU Pundong tersebut menambahkan bahwa lailatul ijtima adalah upaya tholibul ilmi (mencari ilmu) dan sebagai majelis sholawatan. Selain itu memiliki fungsi mempererat silaturahmi.


“Dalam lailatul ijtima itu ada tholibul ilmu, majelis sholawatan, dan majelis silaturahmi. Lailatul ijtima adalah upaya merawat dan mempererat silaturahmi, sekaligus diharapkan dapat bermanfaat untuk terus menjaga kerukunan dan keharmonisan antara ulama, umaro, dan umat jamaah di Kapanewon Pundong,” tuturnya.


Gelaran lailatul ijtima malam itu dihadiri ratusan jamaah. Pada mauidloh hasanah pengajian agama disampaikan oleh KH. Edy Musoffa MSi, Wakil Katib Syuriah PWNU DIY.


Pada kesempatan tersebut, hadir Bupati Kabupaten Bantul H. Abdul Halim Muslih yang menyerahkan dua sertifikat tanah wakaf dari wakif Sugeng dan Sunarta Madi Utama kepada MWC NU Pundong.


Hadir pula dalam acara malam tersebut, antara lain Ketua PCNU Bantul Dr. H. Riyanto, Anggota DPRD Bantul Suradal, Panewu Pundong Drs. Bangun Rahina MM, Kepala KUA Pundong Aleq Rahmat Hidayat S.Ag, Kapolsek Pundong, Wakil Danramil Pundong, Lurah Srihardono Awaludin, Lurah Panjangrejo Mudiyana, serta para kiai kasepuhan NU Pundong.


Kontributor: Markaban Anwar

BERITA LAINNYA