Berita

PAC ANSOR SANDEN, PANDAK, DAN SRANDAKAN GELAR PKD DAN DIKLATSAR BANSER

22 March 2022

Unduh gambar :

PAC ANSOR Sanden, Pandak, dan Srandakan menggelar PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) Ansor dan Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) Banser di Pantai Pandansari, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta, Jumat hingga Ahad (18-20/3/2022). Kegiatan ini terlaksana berkat sinergi tiga PAC yang secara gotong royong mensukseskan PKD Diklatsar tersebut.


Pembukaan acara PKD Ansor dan Diklatsar Banser tersebut (Jumat, 18/3/2022) turut dihadiri oleh Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, Rois Syuriah PCNU Bantul, PC Ansor dan unsur Forkompimkap Sanden. PKD Diklatsar Ansor Banser ini juga dilaksanakan secara bersamaan dengan LKD DTD PC Fatayat Garfa di tempat yang sama.


"Melalui kegiatan ini, diharapkan sinergi antar 3 PAC Ansor (Sanden, Pandak, dan Srandakan) dapat bekerja sama untuk meningkatkan kerja organisasi dan bertepatan 3 PAC tersebut belum melaksanakan PKD dan Diklatsar pada periode kepengurusan saat ini. Kami berharap hasil dari PKD Diklatsar ini setiap kader dapat melanjutkan eatafet perjuangan di dalam struktur kepengurusan PAC dan Satkoryon, agar selanjutnya personel yang lama bisa berkiprah di tingkat lebih tinggi di wilayah masing2," tegas Ketua PAC Ansor Sanden, Ahmad Shilahuddin.


Ketua GP Ansor Bantul, Lilik Budi Hartanto, dalam sambutannya mengatakan kegiatan PKD Ansor dan Dilatsat Banser dilaksanakan dengan maksud meningkatkan militansi kader muda NU, juga untuk meningkatkan wawasan. Para peserta akan diberikan materi baik materi umum maupun khusus, yang meliputi materi tentang Ahlussunnah wal jama’ah, Ke-Indonesiaan dan Kebangsaan, Ke-Nahdlatul Ulama-an, materi khusus Ke-Ansor-an maupun Ke--Banser-an, materi Dasar-Dasar Keorganisasian, serta materi amaliyah dan tradisi nadliyah.


Keseluruhan peserta yang ikut pendidikan dan pelatihan sejumlah 45 orang. Di mulai dengan mata acara pendidikan materi dan diakhiri pembaiatan sebagai kader Ansor dan kader Banser. Proses Pembaiatan Ansor dipimpin oleh Ketua Ansor Bantul, Lilik Budi Hartanto. Sedangkan pembaiatan Banser dipimpin oleh Komandan Banser Bantul, Sakdun Muntaha.


Dalam kesempatan yang tersebut, Komandan Banser Bantul menyampaikan bahwa pembaiatan anggota Ansor dan Banse kali ini, kesan khidmatnya lebih dramatis karena dilangsungkan dalam guyuran air hujan. “Kebetulan pada malam Ahad, kondisinya sedang hujan, padalah prosesi pembaiatan dilakukan di ruang terbuka. Meski begitu, pembaiatan tetap dilangsungkan, sehingga suasana prosesi khidmat terasa lebih dramatis,” ujar Sakdun Muntaha.


Tulisan ini sekaligus meralat berita sebelumnya yang berjudul Tingkatkan Militansi, PC Ansor Selenggarakan PKD Diklatsar Banser. (red015)


BERITA LAINNYA