Berita

Pengajian Alumni Haji 2018 Hadirkan Katib Syuriah PCNU Bantul

05 August 2024

Unduh gambar :

Pengajian alumni Haji Rombongan 3 KBIH Muslimat NU HDWR tahun 2018 yang berlangsung di kediaman H. Muhammad Hasim Dulah Siroj, Watugedug,Guwosari, Pajangan, Bantul, Ahad Pon (4/8/2024) menghadirkan Katib Syurian PCNU Bantul, Kyai Mufti Mabarun.


Dalam kesempatan tersebut Kyai Mufti menjelaskan bahwa banyak manusia suka kepada sesuatu yang dilarang. Padahal jelas-jelas bahwa yang dilarang tersebut akan membawa manusia pada keburukan.

Godaan ini tak hanya menimpa manusia biasa, bahkan Nabi Adam AS juga tergena goda. Saat berada di surga bersama Hawa dirinya mendapat pesan dari allah SWT agar tak mendekati pohon khuldi. Namun atas bujuk rayu iblis melalui Hawa, akhirnya Adam dan Hawa mendekati dan memakan buah Khuldi. 

Akibatnya Adam dan Hawa harus menebus kesalahannya, diturunkan ke dunia untuk dapat kembali ke dalam surga.

“Setelah ratusan tahun barulah Nabi Adam dan Hawa dapat bertemu kembali di Arafah, tepatnya di Jabal Rahmah yang merujuk pada kasih sayang keduanya yang telah lama terpisah,” terang Kyai Mufti.

Lebih lanjut Kyai yang penyuka bonsai itu menjelaskan tentang dua kelompok yang tak akan diperhatikan Allah di hari Kiamat, yaitu orang yang memutuskan tali persaudaraan dan tetangga yang berperangai buruk.


Ketua alumni rombongan 3 Haji Darsono menjelaskan, pertemuan yang digelar selapan sekali setiap Ahad Pon tersebut, menjadi sarana menjali silaturahiim dan media mencari ilmu agama dalam upaya menjaga kemabruran haji yang pernah mereka jalani. 

“Seiring berjalannya waktu, telah beberapa teman yang telah menghadap Allah. Beberapa lagi karena kesibukannya tidak bisa aktif, namun agenda pertemuan rutin tetap kami gelar secara bergilirian. Ini menjadi upaya kami selalu menambah ilmu dan merawat kemabruran haji,” tutur Darsono.


Dalam sambutannnya tuan rumah yang diwakili Mustafa mengucapkan terimakasih kepada segenap alumni yang bisa hadir dan menjaga tali silaturahiim tetap terjalin.

Dirinya bersama segenap keluarga merasa bahagia bisa menjadi tempat berlangsungnya acara.

“Kami percaya kehadiran bapak ibu semua membawa keberkahan dan kemaslahatan bagi seluruh keluarga kami. Kami juga mohon doa restu dalam waktu dekat kami akan melaksanakan ibadah umroh, semoga diberi kemudahan, kelancaran darai awal sampai akhir,” pungkasnya.


Kontributor: Sutanto

BERITA LAINNYA