Berita

SAMBUT HSN 2022, MTs AL FURQON BUATKARYA CIPTA PANTUN BERTEMA SANTRI

20 October 2022

Unduh gambar :

SAMBUT HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2022, MTs AL FURQON SANDEN BUAT KARYA CIPTA PANTUN BERTEMAKAN SANTRI

 

 

Kepala MTs Al Furqon Sanden Muhammad Irfan Chalimy, S.Pd.I menyerahkan buku Kumpulan Pantun : Menyambut Hari Santri Nasional Tahun 2022 kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Bapak Aidi Johansyah, S.Ag, MM, Kamis (20/10/2022). Buku karya guru, karyawan dan para siswa MTs Al Furqonn Sanden tersebut diterima di ruang kerja Kepala Kantor Kemenag Bantul.


Menurut Muhammad Irfan Chalimy, buku ini dipersiapkan kurang dari 2 bulan sejak awal bulan September 2022 dengan rangkaian proses satu bulan pembuatan dan pengumpulan pantun, kemudian dua minggu proses editing dan satu minggu proses cetaknya. Alhamdulillah target jadi sebelum tanggal 22 Oktober 2022 dapat tercapai, ujar Gus Irfan panggilan akrabnya. Lebih lanjut disampaikan bahwa dukungan dari Bapak Kepala Kantor Kemenag Bantul dalam program “Cipta Pantun dalam rangka membangkitkan kreativitas menulis MTs Al Furqon Sanden untuk menyongsong Hari Santri Nasional Tahun 2022” ini sangatlah berarti.


Kepala Kantor Kemenag Bantul berkenan memberikan kata sambutan serta mengirimkan karya pantunnya juga untuk dimuat bersama ratusan pantun karya civitas akademika MTs Al Furqon Sanden. H. Aidi Johansyah juga menyambut baik serta mengapresiasi program cipta pantun ini karena bisa untuk mendorong peningkatan literasi di madrasah. Apalagi pantun adalah kata-kata yang halus dan bermakna serta memiliki seni yang bisa menghibur para pendengar atau pembacanya.


"Hari ini kita membutuhkan kata-kata yang beradab, tidak menimbulkan fitnah, hoax, dan ujaran kebencian. Sehingga bisa membangun kerukunan dan kerja sama yang baik antar sesama anak bangsa", ungkap H. Aidi Johansyah.


"Meskipun cukup ringan, namun pantun bisa menjadi salah satu media agar anak-anak bisa memahami nasehat hidup yang baik, sehingga bisa dijadikan media edukasi, baik moral keterampilan berbahasa dan juga pesan-pesan yang tersirat di dalamnya, apalagi jika dikaitkan dengan perjuangan para santri dalam menuntut ilmu", lanjutnya.


Buku ini adalah buku yang kedua karya warga MTs Al Furqon Sanden. Yang pertama adalah Buku Antologi Puisi Akrostik yang penerbitannya berkolaborasi dengan Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) MWC NU Kapanewon Sanden yang diterbitkan bulan Juli lalu. Gus Irfan sangat bersyukur bahwa program peningkatan literasi di MTs Al Furqon Sanden bisa berjalan dengan baik dan relatif sudah menemukan bentuk pengembangannya.


Hari ini MTs Al Furqon Sanden baru menyiapkan karya tulis guru dan siswa dengan tema “Aku Bangga Menjadi Kelauarga MTs Al Furqon Sanden”.


"Semoga karya tulis tersebut bisa segera terkumpul dan pada saatnya nanti bisa diterbitkan menjadi buku yang ketiga. Hal ini sesuai dengan pesan dan harapan Bapak Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bantul untuk melanjutkan program peningkatan literasi di madrasah. Semoga buku ini bisa menginspirasi semuanya, khususnya para guru dan siswa MTs Al Furqon. Selamat Hari Santri Nasional, semoga para santri semakin hebat dan berprestasi mendunia", tutup H. Aidi Johansyah. (red015)

Kontributor: MIC

BERITA LAINNYA