Berita

GUS RUM: NGAJI DI MASJID BERPAHALA IBADAH HAJI

25 August 2022

Unduh gambar :

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sewon melaksanakan kegiatan rutinan Lailatul Ijtima' yang bertempat di Masjid Nurul Murtaja' Sakulan Pendowoharjo Sewon Bantul, Rabu (24/8). Acara dihadiri oleh jajaran pengurus MWCNU Sewon, PRNU Se-Sewon dan warga masyarakat sekitar.


Gus Rumaizijat memberikan penjelasan keutamaan datang ke majelis ilmu terutama yang bertempat di masjid. Gus Rum sapaan akrabnya mengutip sebuah hadits Nabi Muhammad SAW : "Orang yang pergi ke masjid untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji".


Oleh karenanya, Gus Rum sangat mengapresiasi kegiatan rutinan Lailatul Ijtima' NU Sewon yang berkeliling ke masjid-masjid dalam rangka melaksanakan majelis ilmu yang pastinya sangat banyak manfaatnya. Ia mengajak kepada pengurus dan segenap jama'ah dan masyarakat sekitar agar kapanpun ada majelis ilmu di masjid, berusahalah untuk datang dan ikut duduk di majelis tersebut. Kelak akan panen pahala ibadah haji karena rajinnya hadir di masjid.


Di sela-sela kegiatan, Darmaji mewakili pengurus MWCNU Sewon, menyampaikan pesan kepada pengurus ranting di wilayah Sewon, agar kegiatan Lailatul Ijtima yang dilaksanakan setiap bulan bisa dihadiri oleh jajaran pengurus. Karena majelis tersebut membahas hal-hal yang terkait dengan penguatan amaliyah ahlussunnah wal jama'ah yang langsung diisi oleh Gus Rum. 


Dalam pengajian yang disampaikan oleh Gus Rum merujuk kitab Al Hujjaj Al Qathiyyah At Fikih Tradisional bahwa dalam praktek wudhu ketika gerakan kaki tidak cukup dengan mengusapnya akan tetapi harus dilakukan dengan cara dibasuh sampai mata kaki dan pastikan tidak ada zat/barang yang menghalangi kesempurnaan wudhu. (red015)


Kontributor: Jamiluddin

BERITA LAINNYA