Berita

KEMBANGKAN EKONOMI, PAC ANSOR PLERET GANDENG TARUNA TANI MANDIRI

27 March 2022

Unduh gambar :

PAC GP Ansor Kapanewon Pleret bersama Anggota DRPD DIY Dr. Aslam Ridlo dan Kelompok Taruna Tani Mandiri menggelar pertemuan dalam rangka pengembangan bidang ekonomi di Warung Makan Anas Mandiri, Brajan, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta, Jum’at (25/3/2022) malam.


Pertemuan antara PAC Ansor Banser Plerer dan Pengurus Taruna Tani Mandiri tersebut, dihadiri pula Ketua dan Staf Balai Penyuluh Pertanian / Dinas Pertanian UPT Kapanewon Pleret, Lurah Wonokromo H. AM Mahrus Hanafi S.Ag, Ketua Gapoktan Wonokromo H. Sumedi Waluyo, dan Ulu-Ulu Kalurahan Wonokromo M. Iksan. 


Dalam sambutan, Dr. Aslam Ridlo, memberikan pembinaan bahwa antar stakeholder yang ada dalam rangka pengembangan ekonomi produktif di Pleret perlu ditindaklanjuti dengan penguatan organisasi yang terlibat dan koordinasi dalam pemberkasan administratif sesuai aturan yang berlaku.


“Saya berharap stakeholder yang terlibat dapat saling bersinergi. GP Ansor Pleret dan Kelompok Taruna Mandiri serta Gapoktan Wonokromo untuk berkoordinasi dengan pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul dan Pemerintah Kalurahan Wonokromo guna mengembangkan potensi-potensi bidang pangan dan pertanian. Prinsipnya mari kita berjalan dengan kompak untuk maju bersama,” kata Dr. Aslam Ridlo.


Dalam kesempatn yang sama, Lurah Wonokromo H. AM Mahrus Hanafi S.Ag menyambut baik inisiasi kerjasama anatar kelompok pemuda dan kelompok tani di wilayahnya.


“Kami dari pemerintah Kalurahan siap bersinergi bersama dengan Kelompok Taruna Tani dan Pemuda Ansor Banser. Adanya tanah kas Kalurahan juga bisa dikondisikan dalam kerjasama yang baik, yang jelas aturan kerjasamanya sesuai dengan tata kelola dan adminitasi yang berlaku,” kata H. AM Mahrus Hanafi.


Menanggapi hal itu, Ketua Gapoktan Wonokromo H. Sumedi Waluyo, menyambut baik gagasan adanya Kelompok Taruna Tani Mandiri untuk menjadi bagian Gapoktan. Ia menambahkan supaya Taruna Tani Mandiri segera mengurus aturan administrasi yang ada agar bisa difasilitasi pemerintah desa maupun pihak kedinasan. 


Hal serupa disampaikan Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kapanewon Pleret. Ia memberikan tanggapan yang baik dan mempersilakan Kelompok Taruna Tani Mandiri untuk melengkapi pemberkasan.


“Taruna Tani Mandiri sebagai kelompok tani telah berjalan hampir 2 tahun sebaiknya mengurus legalitas baru. Proses formalnya harus dilakukan. Silakan melengkapi dokumen, diajukan ke Dinas sehingga menjadi kerja nyata kelompok. BPP akan menjadi fasilitator dan mitra ke depannya,” ungkapnya


Adapun Ketua PAC GP Ansor Pleret, Nurdin Husen, mengungkapkan rasa senang atas pertemuan yang berlangsung.


“Kami berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini semoga menjadi langkah awal pengembangan ekonomi Ansor dan Banser. Pengurusan administrasi bisa segera diselesaikan sehingga agenda kegiatan selanjutnya dapat dilaksanakan termasuk rencana kerjasama dengan Kalurahan Wonokromo terkait sewa tanah Kas Desa,” kata Nurdin Husen. (red015)


Kontributor: Wahdini

Editor: Markaban Anwar

BERITA LAINNYA