Berita

MWCNU SEWON GELAR PELATIHAN MANAJEMEN MASJID DAN DA'I RAMADHAN

09 March 2024

Unduh gambar :

Menyambut datangnya bulan suci ramadhan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sewon menyelenggarakan pelatihan manajemen masjid dan da'i ramadhan bertempat di Masjid Kamaluddin Krapyak Wetan Panggungharjo Sewon Bantul (8/3/2024).


Kegiatan tersebut merupakan realisasi dari program Lembaga Dakwah dan Lembaga Ta'mir Masjid MWCNU Sewon. Salahsatu tujuannya untuk mendorong ta'mir masjid dapat mengelola operasional masjid terlebih di bulan puasa. 


Sedangkan SDM Da'i mendapatkan pembekalan terkait strategi dai NU, diharapkan para da'i NU dapat melayani jama'ah dalam pendampingan keagamaan selama bulan ramadhan.


Kiai Mashurari Wakil Ketua MWCNU Sewon hadir memberikan materi tentang ke-NUan dengan presentasi sejarah lahirnya Jam'iyyah Nahdlatul Ulama. Menurutnya, lahirnya NU menjadi berkah untuk bangsa Indonesia bahkan dunia. Kiai hurori mengajak para ta'mir masjid sebagai muharrik harus totalitas mengelola masjid. Sedangkan bagi da'i NU didorong untuk memberikan pemahaman keislaman yang sesuai dengan ahlussunah wal jama'ah annahdliyah.


"Ayo pengurus masjid dan da'i NU, khidmah yang totalitas dengan memakmurkan masjid juga khidmah pada jam'iyyah dan jama'ah insya Allah pasti dapat berkah. Ramadhan masjid NU harus semarak, bulan puasa para da'i NU harus tampil mengisi ruang keilmuan selama ramadhan", tutur pria yang di sapa Ngabdul Haq tersebut.


Lebih lanjut Kiai Ridwanul Mustofa memberikan materi tentang 6 langkah mengelola masjid, seperti yang dirumuskan oleh PBNU. Bahwa masjid merupakan aset yang penting bagi jam'iyyah sehingga harus dikelola dengan baik dan inovatif.


Kiai Moh. Jumadi, hadir menyampaikan himbauan tentang pengelolaan kemasjidan bisa bekerjasama dengan lembaga dan badan otonom yang ada di MWCNU Sewon. "Silakan pengurus masjid berkoordinasi dengan pengurus ranting agar pendampingannya bisa lebih maksimal", jelas Ketua Tanfidziyah MWC NU Sewon.


Jamilludin Ketua LDNU Sewon menyampaikan harapan, pelatihan serupa dapat dijalankan secara berkala. Menurutnya LDNU Sewon siap dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang ada di masjid dan masyarakat. (red015)


Kontributor: Jamiluddin

BERITA LAINNYA