Berita

PCNU BANTUL GELAR KHITANAN MASSAL DAN DONOR DARAH

25 December 2022

Unduh gambar :

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bantul menyelenggarakan khitanan massal dan donor darah dalam rangka Satu Abad Nahdlatul Ulama di Komplek Kantor PCNU Bantul, Jalan Marsda Adisucipto No.45, Bantul, DI Yogyakarta, Ahad (25/12/2022).


Di sela-sela acara berlangsung, Ketua PCNU Bantul DR. H. Riyanto menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial berupa khitanan massal dan donor darah ini diselenggarakan dalam rangkaian acara peringatan Satu Abad Nahldatul Ulama. 


“Kegiatan bakti sosial khitanan massal ini diharapkan bisa membantu keluarga yang kurang mampu agar dapat mengkhitankan anaknya secara gratis. Sedangkan pada giat donor darah lama merupakan kegiatan rutin per tiga bulan dari paguyuban driver ambulan Lazisnu se-Kabupaten Bantul dengan PMI Bantul sebagai kegiatan sosial kemanusiaan membantu sesama,” terangnya.


“Sejumlah dokter spesialis, dokter umum, dan tenaga perawat, kita libatkan dalam kegiatan ini. Sementara untuk tenaga nonmedis yang mengurusi administrasi dan pengelolaan kelancaran kegiatan ditangani oleh Fatayat, Ansor Banser, serta IPNU-IPPNU Bantul,” tambah H. Riyanto.


Dalam kesempatan yang sama, Koordinator acara khitanan massal Himawan menyampaikan antusias masyarakat dalam mengikuti khitanan massal sangat tinggi. “Dari target 100 anak yang akan dikhitan, pendaftar yang ikut acara ini mencapai 106 peserta,” ungkapnya.


Pada gelaran khitanan massal secara gratis ini, PCNU Bantul juga memberikan perlengkapan sekolah dan uang saku kepada anak-anak yang mengikuti khitan.


Di tempat yang sama, salah seorang orang tua peserta khitanan massal, warga asal Kecamatan Pundong, Syamsul Abadi mengaku senang dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan PCNU Bantul. Dia merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini.


"Terimakasih kepada PCNU Bantul. Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi warga yang kurang mampu. Waktu pelaksanaan sudah tepat di masa anak-anak libur sekolah, sehingga kami dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan khitanan massal," ujarnya.


Sementara itu, pada acara donor darah juga mendapat antusiasme masyarakat yang tinggi.


“Kami targetkan yang ikut donor darah 50-an orang, ternyata yang ikut mendaftar melebihi kuota hingga 100 orang lebih. Acara donor darah yang sebelumnya akan dilakukan di Kantor PCNU Bantul, akhirnya kita pindahkan ke Kantor KUA Bantul yang bersebelahan dengan PCNU Bantul,” ungkap Isnaini, koordinator driver Ambulan NU se-Kabupaten Bantul.


Sekretaris PCNU Bantul mengungkapkan rasa syukur di akhir acara tercatat 66 peserta berhasil terdonor dan 94 anak terkhitan dengan lancar dan selamat.


"Matur nuwun sanget kagem sedoyo yang sudah berpartisipasi dari mulai persiapan sampai akhir giat hari ini. Mugi manfaat barokah sedayanipun," pungkas Ahid. (red015)


Kontributor: Markaban Anwar

BERITA LAINNYA