Berita

PERGUNU BANTUL GELAR PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

16 August 2022

Unduh gambar :

Jelang Peringatan hari kemerdekaan RI ke 77, Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC PERGUNU) Kabupaten Bantul bekerja sama Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBI) Al Muhsin melalui Prodi Manajemen Bisnis Syariah gelar pelatihan kewirausahaan.


Kegiatan itu diikuti oleh SMA/SMK/MA se-kabupaten Bantul bertempat di pendopo sholawat Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) Al Hadi Krapyak Wetan Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta, Sabtu (13/8/2022).


Turut hadir, Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab Bantul, Ahmad Musyadad, S.Ag., M.S.I, Ketua PC Muslimat NU Kab Bantul, drg. Siti Roikhana Munawaroh, M.Ph, Wakil Ketua Pergunu, Sari Oktafiana dan Istiqomah perwakilan dari PW Pergunu DIY, Nurokhmah, S.Pd perwakilan Pergunu Kota Yogyakarta dan Wakil Ketua Pergunu Bantul, Heriyadi,S.Pd. Kegiatan itu dipandu oleh Asti Asmaodiawati dan Dian Eka DEMA STEBI Al Muhsin Yogyakarta.



Dalam sambutannya, Wakil Ketua PCNU Bantul Dr. H. Habib Kamil, M.A mengapresiasi acara pelatihan wirausaha Guru NU Pergunu Bantul dan STEBI Al Muhsin, " Kami mengapresiasi kegiatan ini sangat baik, menggugah dan membangkitkan semangat utk berkreasi, mandiri dan kreatif dalam bekerja," terangnya 


Lebih lanjut, Kiai Habib mengajak peserta untuk menambah wawasan, juga akan memberikan kesadaran akan potensi dirinya dan menemukan passionnya.


"Kullun ya'malu 'ala syakilatihi (setiap individu bekerja menurut potensinya). Untuk mengeluarkan potensi ini perlu penggalian dan pendampingan. Maka dari itu, program interpreneurship perlu berkelanjutan, tidak saja pada orang dewasa tetapi juga utk kalangan remaja," paparnya. 


Ketua Panitia, Rustam Nawawi, M.Pd mengatakan bahwa Pelatihan Kewirausahaan ini bertujuan untuk Peningkatan Kualitas Guru NU berkaitan dengan program literasi bisnis (LB) STEBI Al Muhsin Yogyakarta berbasis marketing digital di toko online dan STEBI Al Muhsin miliki tugas untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


Selain itu juga, Rustam menambahkan 

hal ini merupakan program edukasi bisnis Islam dan literasi finansial ( PEBILINA) Pergunu Bantul dengan tema ' Menumbuhkan jiwa entrepreneurship di kalangan Guru NU di Era Digital' yang menghadirkan narasumber Isdiarto, M.Pd (Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STEBI Al Muhsin Yogyakarta) dan Bambang Gunawan, S.E.T., MM (Wakil Bendahara PW Pergunu DIY). 


Spirit Kemerdekaan dan kemandirian organisasi Nahdlatut tujjar diangkat Pergunu Bantul-STEBI Al Muhsin Yogyakarta siap tempa entrerpreneurship guru-guru NU.


Jauh-jauh hari KH Maimoen Zubair dawuh, “Nak kamu kalau jadi guru, dosen, atau kiyai; kamu harus tetap usaha. Miliki usaha sampingan agar hatimu tidak selalu mengharap pemberian ataupun bayaran dari orang lain”. (red015)


Kontributor: Rustam

BERITA LAINNYA