Berita

SMK MAARIF 2 PIYUNGAN BANGUN KARAKTER SISWA ASWAJA

30 November 2021

Unduh gambar :

SMK Ma’arif 2 Piyungan adalah salah satu sekolah menengah kejuruan dalam naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LPM NU) di Kapanewon Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

 

Di sela-sela kesibukannya, Kepala SMK Ma’arif 2 Piyungan Saifudin, menyampaikan keterangan kepada Redaksi NUBantul.or.id bahwa visi SMK Ma’arif 2 Piyungan adalah menumbuh-kembangkan karakter siswa dan menanamkan aqidah ahlussunah wal jama'ah, Selasa (30/11/2021).

 

Pembiasaan ini untuk menanamkan aqidah annahdhiyah. Langkahnya dengan pemberian materi aqidah ahlussunah wal jama'ah melalui ceramah yang disampaikan para kiai yang telah ditunjuk dan dijadwalkan.

 

Kegiatan pembiasaan itu misalnya membaca asmaul husna, sholat Dhuha,  tadarusan, tahlil, dan doa bersama yang dilakukan di mushola SMK setiap hari sebelum Kegitan Belajar Mengajar (KBM) dimulai.

 

“Siswa atau peserta didik perlu diberikan pembiasaan perilaku. Tujuannya untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri menuju kearah hidup yang lebih baik. Dalam rangka menumbuh-kembangkankan karakter, siswa diberikan kegiatan dan materi pembiasaan. Seperti membaca asmaul husna, sholat Dhuha, tadarus, tahlil, dan doa bersama,” kata Saifudin.

 

Lebih lanjut, Saifudin mengatakan bahwa dalam penanaman aqidah annahdhiyah ahlussunah wal jama'ah, SMK Ma’arif 2 Piyungan mengundang jajaran Syuriah MWC NU Piyungan, KH. Muthohar, KH. Anwar Zuhri, KH. Imam Suja'i, Kiai Mahmudin, dan KH. Mulyana, untuk memberikan materi pendidikan aswaja satu bulan sekali.

 

Usai menerima materi ke-aswaja-an, siswa secara bergiliran melakukan belajar ceramah setiap harinya. Selain itu, siswa juga diminta mencatat isi ceramah, setelah selesai mencatat di buku masing-masing diserahkan kepada wali kelas untuk diperiksa. Hasil catatan siswa ini dijadikan bahan evaluasi sejauh mana siswa menangkap materi yang diterima. Memonitor apakah siswa betul-betul mengikuti pembelajaran dengan baik dan tertib.

 

Masih menurut keterangan Saifudin, SMK Ma'arif 2 Piyungan saat ini mengelola pendidikan Jurusan Tata Busana dan Teknik Komputer dan Jaringan. Juga memfasilitasi siswa yang hafal Alquran 30 juz.

 

“SMK Ma’arif 2 Piyungan mencanangkan setiap bulan sekali diadakan semaan Al-Qur'an bil ghoib, harapannya dalam dua semester sekali telah khatam al-Qur'an. Dengan pembiasaan-pembiasaan tersebut diharapkan siswa-siswi SMK Ma'arif 2 Piyungan memiliki ilmu, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan beribadah dengan benar sesuai aqidah ahlussunah wal jama'ah,” pungkas Saifudin. (red015)

 

Kontributor: Ahmad Yazid - red mwcnu piyungan

Editor: Markaban Anwar

BERITA LAINNYA