Berita

BAKTI SOSIAL HSN; WUJUD KEPEDULIAN SANTRI

31 October 2021

Unduh gambar :

Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Bantul 2021 ditutup dengan gelaran Bakti Sosial Bersih Pantai dan Pondok Pesantren. Kegiatan bersih pantai dipusatkan di sepanjang pesisir Pantai Parangtritis hingga Parangkusumo dengan melibatkan perwakilan santri pondok pesantren beserta Banom PCNU Bantul, Sabtu (30/10/2021).


"Kegiatan ini semula direncakan melibatkan seluruh santri dari berbagai pesantren di Bantul, tetapi karena pandemi maka peserta kita batasi hanya perwakilan ponpes yang sudah kita tentukan dengan protokol kesehatan ketat. Baksos santri ini merupakan wujud kepedulian santri terhadap lingkungan sekaligus sikap nyata dalam mengejewantahkan ghiroh santri dalam kehidupan bermasyarakat," ujar Ketua Panitia HSN Bantul 2021, Budi Suprapto.


Ketua LDNU PCNU Bantul ini menambahkan melalui HSN tahun ini dapat menguatkan kesadaran bahwa santri harus terus menerus memberikan peran perjuangannya sebagaimana yang sudah dicontohkan para pendiri bangsa.  


Kegiatan bersih pantai ini dihadiri oleh Bupati Bantul, Forkompimda, Jajaran PCNU Bantul beserta perwakilan Banom dan Lembaga. Bakti sosial ini terselenggara atas kerjasama PCNU Bantul dan Pemda Bantul serta beberapa Dinas dan SKPD terkait.


Dalam kesempatan ini, Bupati Bantul sekaligus secara simbolis menyerahkan peralatan Baksos kepada perwakilan santri yang mengikuti kegiatan ini.


"NKRI yang kita cintai ini bukanlah hadiah maupun pemberian dari penjajah melainkan hasil perjuangan jiwa raga, harta, bahkan nyawa yang dipelopori KH. Hasyim Asy'ari dan seluruh elemen masyarakat. Karenanya, menjadi kewajiban bagi kita untuk merawat, memelihara, dan memperjuangkan NKRI dari berbagai ancaman dan perpecahan," tegas Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih.


Bakti sosial HSN 2021 dilanjutkan dengan bersih-bersih Pondok Pesantren se Kabupaten Bantul, Ahad (31/10/2021). Kegiatan bersih pesantren ini dikoordinir melalui RMI PCNU Bantul. (red015)

BERITA LAINNYA