Berita

IPNU IPPNU PLERET GELAR FESTIVAL HADROH GEMA SANTRI DIY JATENG 2023

29 October 2023

Unduh gambar :

Dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Bantul, Ikatan Pelajar Nadhlatul Ulama (IPNU) Kapanewon Pleret menggelar festival hadroh bertajuk 'Gema Hari Santri 2023', Sabtu (28/10/2023)


Festival ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul, diikuti 31 grup hadroh yang berasal dari pondok pesantren maupun organisasi keislaman di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah dan dilaksanakan di Balai Desa Kalurahan Pleret, Pleret, Bantul, DI Yogyakarta. 


Ketua Panitia Festival Hadroh, Muhammad Daly Latif mengatakan festival rebana di Bantul ini rutin digelar setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan hari kelahiran IPNU Pleret yang ke-34. 


"Ini merupakan festival hadroh ketujuh kalinya kami gelar, dan alhamdulillah tiap peserta sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini," ujar Daly. 

Ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 6 juta untuk grup hadroh dengan penampilan terbaik. 


Festival Hadroh di Bantul Terinspirasi dari Fastabiqul Khairat

Tim penilai dari pertunjukan hadroh terdiri dari tiga juri yang dikenal sebagai Mulsyid Shalawat yakni, Gus Muhammad Arwani dari Magelang, Gus Choirul Munadah dan Gus Ahmad Syukron Hidayatullah berasal dari DI Yogyakarta. 


"Antusias peserta juga terlihat dari persiapan hingga penantian akan festival hadroh yang rutin kami laksanakan ini," ucapnya. 


Daly Latif menuturkan festival hadroh di Bantul ini terinsipirasi dari konser Fastabiqul Khairat yang memiliki makna berlomba - lomba dalam kebaikan. 


Festival hadroh juga dinilai merupakan kegiatan santri yang memiliki banyak manfaat daripada mudharatnya sekaligus juga sebagai penyambung silahturahmi antara pondok pesantren dan masyarakat umum. 


"Kami harapkan kegiatan ini dapat mengkrabkan pondok pesantren dan masyarakat umum agar lebih dekat satu sama lain," tuturnya. 


Tak hanya itu, malam puncak kegiatan juga akan menggelar Maulid Akbar yang meliputi pembacaan maulid dan maidzoh khasanah atau nasihat - nasihat baik. 


Penampilan dari Grup Hadroh Telogo Kautsar Indonesia akan menyemarakkan malam puncak Festival Hadroh di Balai Desa Pleret sebagai penutup Hari Santri Nasional 2023 di Bantul. (red015)


Kontributor: Pelajar Bantul

BERITA LAINNYA