Berita

LAILATUL IJTIMA' MWCNU SEWON DI AULA KALURAHAN PANGGUNGHARJO

01 December 2022

Unduh gambar :

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sewon menyelenggarakan kegiatan Majelis Lailatul Ijtima', Rabu (30/11/2022), bertempat di Aula Kalurahan Panggungharjo.


Acara diawali dengan pembacaan Shalawat Nabi oleh tim hadroh dari Remaja Masjid Al-Huda, Janganan Panggungharjo diikuti oleh ratusan jama'ah yang hadir.


Pengajian yang disampaikan oleh KH. Rumaijizat, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur membahas berkaitan hukum menyentuh istri mengakibatkan batalnya wudhu. Dalam kitab Al Hujjaj Al Qathiyyah, mayoritas masyarakat muslim Indonesia sebagai penganut madzhab Syafi’i di mana dalam pandangan madzhab tersebut menyentuh istri tanpa penutup adalah membatalkan wudhu.


Para ulama fiqih dari Madzhab Syafi’i memandang bahwa bersentuhan kulit secara langsung antara laki-laki dan wanita yang bukan mahramnya dapat membatalkan wudhu jika sentuhan itu tidak dihalangi oleh apapun seperti kain, kertas, atau lainnya.


Pendapat Imam Syafi'i itu setelah menarik kesimpulan hukum dari Alquran surat Al Maidah ayat 6:


 أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا


"Atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapati air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci)...”


Lailatul Ijtima NU Sewon, Gus Rum secara rutin menyampaikan materi tentang amaliyah yang diamalkan dalam keseharian khususnya bagi warga Nahdliyin.


Junaedi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan terlaksananya Lailatul Ijtima di Panggungharjo, "Atas nama Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Panggungharjo mengucapkan terima kasih berkat dukungan semua pihak kegiatan bisa terlaksana dengan baik", jelas Ketua PRNU Panggungharjo tersebut.


Kiai Hurori mewakili pengurus MWCNU Sewon menyampaikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan Lailatul Ijtima di Panggungharjo dan mengajak kepada pengurus dan jama'ah untuk hadir dalam rutinan Lailatul Ijtima yang dilaksanakan secara bergilir di wilayah Kapanewon Sewon.


Dalam kesempatan tersebut hadir KH. Wasilan Rois Syuriyah MWCNU Sewon, Rois Syuriyah dan Ketua PRNU Se-Sewon, Apt. Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm Lurah Panggungharjo, Pamong Kalurahan Panggungharjo, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Banser Sewon dan FPRB Panggungharjo. (red015)


Kontributor: Kang Jamil

BERITA LAINNYA