Berita

LPBI NU BANTUL GELAR PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA

08 November 2021

Unduh gambar :

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim PCNU Bantul menyelenggarakan Pelatihan Penanggulangan Bencana bagi relawan NU se Kabupaten Bantul, Ahad (07/11/2021). Kegiatan yang berlangsung di Gedung MWCNU Piyungan ini diikuti Banom / Lembaga MWCNU se Kabupaten Bantul dengan materi meliputi pengetahuan penanggulangan bencana dasar, arah kebijakan kebencanaan Kabupaten Bantul, dan pengenalan peralatan respon darurat. 


"Harapannya peningkatan kapasitas relawan ini dilakukan di semua MWC se Bantul dan berkesinambungan. Pelatihan ini penting karena merupakan bagian dari mitigasi non struktural yakni upaya peningkatan kapasitas relawan terkait dengan pengenalan tentang ancaman, kerentanan, kapasitas dan tingkat risiko bencana. Pembagian peran dalam sebuah sistem menjadi penting, dengan harapan petugas yang ditunjuk sudah sesuai dengan kapasitasnya." ujar Ketua LPBI NU PCNU Bantul, Ahmad Furqon.


Kegiatan Pelatihan Penanggulangan Bencana bagi Relawan NU ini merupakan kegiatan pelatihan yang pertama kali dilakukan LPBI NU Bantul. Peserta dalam kegiatan ini juga diajari tentang sistem koordinasi yang terintegrasi dalam posko kebencanaan. Pelatihan diakhiri dengan praktek menggunakan gergaji mesin (chainsaw).


"Legislatif berupaya mengawal dari segi perencanaan dan penganggaran, muaranya adalah masyarakat Bantul tangguh bencana," sambung Anggota DPRD Kabupaten Bantul, Mahmudin. 


Pelatihan yang diadakan di Gedung MWC Piyungan ini merupakan bentuk sinergi atas pemanfaatan dana aspirasi Anggota Dewan. (red015)


Kontributor: Ahmad Furqon

BERITA LAINNYA